Selasa, 03 Agustus 2010

Jika Bayi Memiliki Bau Badan

Sebagian besar orang tahu bahwa bayi memiliki bau badan yang khas dan banyak orang menggemari bau badan ini. Tapi bagaimna jika halnya bayi memiliki bau badan yang tak sedap, normalkah hal tersebut?

"Bayi umumnya memiliki bau yang khas dan akrab di hidung masyarakat atau bisa juga digambarkan sebagai bau 'milky'," ujar Profesor Lynnette Mazur, seorang pediatri dari University of Texas Health Science Center dan the Shriner's Hospital, di Houston.

Prof Mazur menuturkan terkadang bayi juga memiliki bau asam ketika ia habis muntah atau ada bagian tubuhnya yang kotor. Tapi bau ini cenderung tidak mengganggu orang yang menggendongnya dan akan hilang setelah bayi mandi.

"Bayi dan anak-anak kecil memiliki leher yang pendek dan terdiri dari banyak lemak, sehingga ada kemungkinan makanan atau keringat terperangkap di dalam lipatan tersebut dan menimbulkan bau. Tapi bau ini akan hilang ketika bayi atau anak kecil tersebut mandi dan tidak tercium terus menerus," ungkapnya.

Namun jika muncul beberapa aroma tertentu pada tubuh atau dari air seni bayi, maka hal ini bisa menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orangtua. Karena kondisi ini menunjukkan adanya gangguan pada pengolahan beberapa senyawa kimia tertentu di dalam tubuh, sehingga tidak dapat bekerja dengan benar. Beberapa bau badan bisa dihubungkan dengan gangguan tertentu, yaitu:

1. Bau yang timbul seperti ikan membusuk, ada kemungkinan gangguan trimethylaminuria.
2. Bau yang timbul seperti bau kol atau kubis, ada kemungkinan gangguan tyrosinemia atau gangguan penyerapan metionine.
3. Bau yang timbul seperti sirup maple, ada kemungkinan gangguan penyakit urine maple.
4. Bau yang timbul seperti bau klorin, ada kemungkinan gangguan hawkinsinuria.
5. Bau napas yang timbul seperti buah-buahan, ada kemungkinan gangguan diabetic ketoacidosis.
6. Kaki yang berkeringat, ada kemungkinan gangguan isovaleric acidemia atau glutaric aciduria type II
7. Timbul bau badan yang kuat, ada kemungkinan gangguan fenilketonuria akibat tidak bisa memecah asam amino fenilalanin.

Jika timbul salah satu bau badan tersebut, sebaiknya orangtua segera hubungi dokter untuk mencari tahu secara pasti apa penyebabnya. Karena pada umumnya anak-anak baru akan memiliki bau keringat ketika sudah memasuki masa pubertas.

Namun pada beberapa anak tertentu kadang hal ini terjadi lebih awal atau disebut dengan pubertas sebelum waktunya (precocious puberty) yaitu pada saat anak berusia 7 atau 8 tahun. Kondisi ini ditandai dengan tumbuhnya payudara, tumbuhnya rambut pubis, suara menjadi lebih dalam pada laki-laki dan juga timbulnya bau badan.

http://dede-health.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar