Selasa, 27 Juli 2010

Mampukah Perempuan Melahirkan Tanpa Bantuan Orang Lain?

Siswi SMA di Surabaya membuang bayinya di sekolah dan mengaku melahirkan sendiri di kamar mandi tanpa bantuan siapapun. Mampukah perempuan melahirkan bayinya sendiri tanpa bantuan siapapun?

"Memang ada orang yang bisa melahirkan sendiri, tapi jarang terjadi kecuali dalam kondisi terdesak seperti di rumah sendirian atau sedang berada di hutan sendirian," ujar Dr. dr. Junita Indarti, SpOG (K) saat dihubungi detikHealth, Selasa (27/7/2010).

Perempuan yang mampu melahirkan sendiri biasanya ukuran bayi tidak terlalu besar dan memiliki ukuran panggul yang lebar sehingga bayinya lebih mudah keluar.

Kelahiran anak pertama biasanya akan sulit dilakukan sendiri, berbeda dengan anak kedua atau ketiga yang biasanya lebih mudah karena sudah ada pengalaman sebelumnya.

Dr Junita mengatakan seorang perempuan bisa saja melahirkan bayinya sendiri tanpa bantuan orang lain jika semuanya dalam konteks normal. Artinya tidak ada komplikasi atau faktor risiko serta ibu dan bayinya dalam keadaan sehat.

Dalam kondisi tersebut ibu yang hamil tidak memiliki penyakit, bayi yang dilahirkan tidak terlalu besar serta memiliki pengetahuan bagaimana cara memotong tali pusat yang benar dan harus menggunakan alat steril.

"Setelah bayi keluar, maka plasenta dari bayi tersebut juga akan keluar dan terkadang plasenta ini bisa copot dengan sendirinya. Perempuan yang melahirkan juga harus memastikan bahwa tidak terjadi perdarahan," ungkap dokter yang berpraktik di RSCM ini.

Normalnya perdarahan yang terjadi setelah plasenta keluar sebanyak 300 cc. Namun jika darah yang keluar lebih dari itu atau mencapai 500 cc, maka kondisi ini sudah termasuk dalam kategori perdarahan dan memerlukan pertolongan.

dr Junita menuturkan pada proses persalinan normal terkadang menyebabkan robekan pada mulut vagina sehingga memerlukan jahitan dan membutuhkan bantuan dari orang lain.

Namun ada juga ibu melahirkan yang tidak memiliki robekan atau hanya mengalami lecet sedikit. Jika kondisinya seperti itu maka hal ini tidak menjadi masalah.http://dede-health.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar